Laman

Kamis, 25 Oktober 2012

Makanan Filipina


Balut, Makanan Aneh dari Filipina
Gadis Ngobrol

Meskipun penampilannya agak mengerikan, tapi ternyata sebagian masyarakat Filipina menyakini kalau makanan ini protein tinggi. Sehingga Balut bisa menjadi camilan sehat. Makanan yang dalam bahasa Filipina berarti “dibungkus” ini sebenarnya juga ada di Negara Asia Tenggara lainnya, tapi memang paling banyak terdapat di Negara Filipina.

Balut yang biasa dijajakan di pinggir jalan ini, sebenarnya adalah telur ayam atau telur bebek rebus. Yang membuatnya istimewa adalah isi telur-telur ini merupakan embrio bebek atau embrio anak ayam yang direbus hidup-hidup. Jadi embrio ayam atau bebek ini sudah berbentuk seperti anak ayam yang terdapat paruh, bulu-bulu halus dan tulang lunak. Hm, buat kita mungkin agak aneh, ya?
 

Nah, biasanya Balut dimakan dalam keadaan hangat dengan campuran garam, sambal, bawang putih dan cuka sebagai bumbunya. Seperti makan telur setengah matang saja. Sebelum memakan Balut, ‘kuah’ yang melindungi embrio harus diminum terlebih dahulu, baru kemudian kulit telur dikupas dan embrio matang ini langsung disantap. Karena sudah ada tulang lunak dan paruh, makanya balut akan terasa garing ketika dimakan dan terkadang kita juga harus mengeluarkan bulu-bulu halus yang sulit dicerna. Buat yang suka makanan berjenis ekstrim, rasanya ini cocok untuk dicoba.
 Legita. Bahan: Debby – Foto: Istimewa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar